Daftar Haji
Daftar Umroh
Badal Haji
WA : Zahara | Eldin | Aulia | Ika
Juli 10, 2024 userzahara

Tabungan Umroh : Pengertian, Syarat dan Keuntungannya

Tabungan Umroh

Bisa berangkat umroh ke Tanah Suci tentu membutuhkan banyak persiapan, khususnya dalam aspek finansial sebab dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Memahami persoalan dana yang bisa jadi kendala, muncul program tabungan umroh yang banyak ditawarkan oleh bank konvensional yang ditunjuk oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, untuk mempermudah seluruh umat muslim. Buat Anda yang berencana pergi umroh, ketahui apa itu tabungan umroh, tujuan, hingga manfaat memiliki tabungan umrah berikut ini.

Apa itu Tabungan Umroh?

Tabungan umroh adalah tabungan yang dirancang untuk menyimpan dana umroh dengan aman dan nyaman, khusus untuk persiapan berangkat umroh. Jenis tabungan ini diperuntukkan bagi umat Islam menggunakan prinsip syariah, dengan akad mudharabah mutlaqah dan wadiah. Sebab prinsipnya yang syariah, Anda yang menggunakan tabungan umrah tidak akan dikenakan bunga, melainkan nisbah atau bagi hasil.

Syarat Membuka Tabungan Umroh

Untuk membuka tabungan umrah, ada beberapa syarat umum yang perlu Anda penuhi, di antaranya :

  1. Kartu identitas diri (KTP) dan kartu keluarga (KK)
  2. Bagi anak di bawah usia 17 tahun, perlu membawa surat keterangan dari orang tua atau wali.
  3. Nasabah tabungan umroh umumnya memiliki ketentuan usia, biasanya 17 tahun.
  4. Memiliki penghasilan tetap dengan dibuktikan melalui slip gaji atau keterangan usaha.
  5. Beberapa bank mungkin memerlukan dokumen tambahan, seperti NPWP atau surat keterangan lainnya

Cara Kerja Tabungan Umroh

Terdapat beberapa perbedaan antara cara kerja tabungan umrah dengan tabungan biasa, karena prinsip syariah yang digunakan. Berikut ini penjelasan seputar tata cara kerja tabungan umrah :

1. Pembukaan Rekening

Cara kerja tabungan umrah diawali dengan Anda membuka rekening tabungan di kantor cabang bank yang Anda pilih  terlebih dahulu. Seperti membuka rekening pada umumnya, Anda akan diminta membawa beberapa dokumen persyaratan dan mengisi formulir pembukaan rekening tabungan umrah.

2. Melakukan Setoran Dana

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda dapat langsung menyetorkan dana ke rekening tabungan umrah. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti melakukan setoran tunai di teller bank, transfer melalui atm ataupun mobile banking, serta autodebet dari rekening lainnya. Sebagai catatan, cara ini bisa berbeda-beda tergantung kebijakan dari bank yang Anda gunakan.

3. Nisbah (Bagi Hasil)

Dana yang sudah Anda masukkan ke dalam tabungan umrah dikelola oleh pihak bank sesuai dengan prinsip syariah. Anda sebagai nasabah akan mendapatkan keuntungan yang diperoleh atas pengelolaan dana tersebut dengan sistem bagi hasil dengan besaran nisbah tergantung pada kebijakan bank masing-masing.

4. Penarikan Dana

Untuk penarikan dana, Anda bisa melakukannya kapan saja melalui mesin ATM, teller bank, ataupun mobile banking. Namun sebaiknya, penarikan dana Anda lakukan setelah mencapai target biaya umroh. Sebab, apabila dana ditarik sebelum target biaya umroh tercapai, Anda bisa dikenakan biaya penalti.

5. Pembiayaan Umroh

Cara kerja tabungan umroh selanjutnya sekaligus menjadi proses terakhir ialah pembiayaan biaya umroh. Setelah rekening tabungan umroh Anda mencukupi biaya perjalanan umroh, bank akan langsung membantu Anda dalam proses perencanaan dan pelaksanaan keberangkatan ke Tanah Suci.

Berapa Setoran Awal Pembukaan Tabungan Umrah?

Guna membuka rekening tabungan umrah, umumnya bank menetapkan kebijakan jumlah setoran awal yang berbeda-beda yang perlu Anda bayarkan. Besaran setoran awal bisa bervariasi, namun umumnya berkisar antara Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000. Apabila beruntung, Anda bisa mendapatkan cashback atau promo-promo menarik yang biasanya bank tawarkan jika membuka rekening tabungan umrah selama periode tertentu.

Baca Juga : Waspada Travel Umroh Bodong kenali cirinya!

Keuntungan menggunakan Tabungan Umrah

Keputusan untuk membuka tabungan umrah tentu mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda. Adapun beberapa keuntungan membuka tabungan umrah di antaranya :

1. Memudahkan perencanaan ibadah umroh

Keuntungan pertama membuka tabungan umrah ialah mempermudah perencanaan ibadah umroh. Menyisihkan dana umroh secara rutin menghindarkan Anda dari pengeluaran impulsif sehingga target biaya umroh Anda lebih mudah tercapai.

2. Dana Tabungan Umrah Terjamin

Anda dapat menyetorkan dana tabungan umrah tanpa harus merasa khawatir karena bank diawasi oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK). Itu artinya dana di tabungan Anda terjamin aman dan dikelola dengan baik.

3. Proses Menabung yang Mudah

Keuntungan membuka tabungan umrah selanjutnya ialah proses menabung dana umroh yang mudah. Tersedianya beberapa fitur menarik tentu memudahkan Anda untuk menyetorkan dana dengan berbagai cara sesuai kebutuhan.

4. Terhindar dari Riba

Sebab tabungan umrah menggunakan prinsip syariah, Anda akan terhindar dari riba yang dilarang dalam Islam.

5. Potensi Mendapatkan Keuntungan Finansial

Tidak hanya terbantu untuk berangkat umroh, membuka tabungan umrah juga memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan berupa nisbah (bagi hasil) yang ditawarkan oleh bank.

Nah, itu dia sederet informasi seputar tabungan umroh untuk memudahkan Anda agar bisa berangkat ke Tanah Suci. Supaya lebih aman, pastikan Anda telah memeriksa kredibilitas bank yang akan Anda jadikan tempat untuk membuka rekening umroh. Semoga informasi ini membantu!

error: Content is protected !!
top zahara tour